Sosialisasi Pengenalan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Membangun Brand Awareness Pada Umkm Kedung Waringin

Penulis

  • Hananda Priyandaru universitas bina sarana informatika
  • Aprilia Puspasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sefrika Entas Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sifa Fauziah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.123

Kata Kunci:

Brand Awareness, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Aplikasi Canva

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) telah menjadi bagian integral dari perekonomian Indonesia, dengan kontribusi mencapai 61% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2023. Pertumbuhan UMKM yang pesat, dengan total pelaku usaha sekitar 66 juta dan menyerap lebih dari 117 juta pekerja, mencerminkan dinamika positif yang penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun, UMKM, khususnya di Desa Kedung Waringin, dihadapkan pada tantangan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan internet yang cepat. Salah satu bentuk adaptasi yang krusial adalah pengembangan brand awareness, yang memegang peranan penting dalam membangun daya jual produk dan keberlanjutan usaha.Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai konsep brand awareness dan cara membangunnya dengan menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini dapat membantu UMKM dalam merancang brand yang menarik dan mudah dikenali masyarakat, guna meningkatkan pemasaran dan pendistribusian produk. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pemaparan materi mengenai brand awareness dan penerapan praktis penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan desain brand yang efektif. Melalui pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Kedung Waringin dapat lebih memahami pentingnya brand awareness dan dapat mengimplementasikan teknologi untuk memperkuat pemasaran produk mereka di pasar yang semakin kompetitif. Dengan demikian, pelatihan ini bertujuan untuk mendukung transformasi UMKM konvensional menjadi lebih modern dan dikenal luas di masyarakat.Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam membantu UMKM Desa Kedung Waringin untuk menjalankan bisnis yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan daya saing produk mereka di pasar lokal dan global.

Referensi

Apriliah, W., Tabrani, M., & Ermawati, E. (2023). Pemanfaatan Paltform Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Tehnologi Komputer Untuk Staff UPTD Puskesmas Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(1), 18–24.

Lathifah, U. (2023). Canva Tools Desain Andalan Sejuta Umat. Penerbit P4I.

Maharani, D. A., & Hasibuan, R. R. (2024). Peningkatan kemampuan pemasaran digital pada UMKM di Desa Sumbang Purwokerto untuk meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar. Abdi Makarti, 3(2), 130–141.

Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital.

Social, W. A. (2023). Hootsuite.(2021). Digital 2021 Global Overview Report. We Are Social.

Tabrani, M., Suhardi, S., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi Berbasis Digital. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(4 NOVEMBER), 129–135.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Priyandaru, H., Puspasari, A. ., Entas, S., & Fauziah, S. (2024). Sosialisasi Pengenalan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Membangun Brand Awareness Pada Umkm Kedung Waringin. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(4), 112–118. https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.123

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama