Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa Kota Batu Bogor

Penulis

  • Hananda Priyandaru UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
  • Sifa Fauziah UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
  • Sefrika Entas UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA
  • Aprilia Puspasari UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

Kata Kunci:

Media Sosial, Aplikasi Tik Tok, Sarana Promosi

Abstrak

Pemanfaatan media sosial TikTok telah menjadi sebuah tren dalam promosi dan pemasaran di masa kini. Desa Kota Batu Bogor sebagai suatu wilayah yang ingin meningkatkan promosi kegiatan desanya, dapat memanfaatkan TikTok sebagai sarana untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan desa yang diadakan oleh pemerintah atau masyarakat setempat.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sarana promosi kegiatan desa di Kota Batu Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara terhadap pengelola media sosial dan pemerintah desa serta observasi pada konten TikTok yang berkaitan dengan kegiatan desa di Kota Batu Bogor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok mampu menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan kegiatan desa di Kota Batu Bogor. Beberapa kegiatan desa yang telah diunggah di TikTok mendapat respon positif dari pengguna TikTok, dengan adanya peningkatan jumlah like, komentar, dan share pada setiap video yang diunggah. Selain itu, TikTok juga memberikan kesempatan bagi masyarakat desa untuk turut serta dalam pembuatan konten, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan desa.

Referensi

Anggraini, Putri Kartika. 2015. “Implementasi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.” Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya: 35592.

Bulele, Yohana Noni. 2020. “Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok.” In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, , 565–72.

Haryanto, Agus Tri. 2020. “Riset: Ada 175, 2 Juta Pengguna Internet Di Indonesia. DetikInet.”

Indrawati, Trisa. 2023. PERAN MODERASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE Pengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia. CV Literasi Nusantara Abadi.

Muzakkir, Annahl Riadi1 Iskandar Ibrahim2 Irvan. “PKM Peningkatan Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.”

Pratiwi, Ririh Dian. 2012. “Menyusun Laporan Keuangan Sederhana Dengan Microsoft Excel.” MEDIA 19(1).

Priatama, Ryan, Ilham Hilal Ramadhan, Awanis Akalili, and Febriansyah Kulau. 2021. “Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok@ Jogjafoodhunterofficial).” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 18(1): 49–60.

Rasyid, Masdar Helmy. 2020. “Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (Tik Tok) Kelas X Sma Negeri 3 Pati.” In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), , 352–58.

Wardhani, Galuh Kusuma. 2022. “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS KONSEP THE CIRCULAR MODEL OF SOME MELALUI AKUN TIKTOK (Studi Deskriptif Pada Pengelola Akun@ Seserahan. Ta).”

Wibowo, Hamid Sakti. 2023. Tutorial Excel: Panduan Lengkap Untuk Pemula. Tiram Media.

Zulkifli, Lalu et al. 2021. “Pengembangan Objek Wisata Kampung Wisata Sasak Ende Melalui Penataan Destinasi Melalui Optimalisasi Digital Promotion Dan Sumber Daya Manusia Di Desa Sengkol.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4(4): 514–23.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-19

Cara Mengutip

Priyandaru, H., Sifa Fauziah, Sefrika Entas, & Aprilia Puspasari. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa Kota Batu Bogor . PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(2), 62–66. Diambil dari http://www.jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/60

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini