Pelatihan Pemanfaatan Internet Sehat Pada Era Endemi Bagi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ciledug
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v2i4.79Abstrak
Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Gerakan Pemuda Ansor atau disingkat GP Ansor adalah badan otonom di bawah Nahdatul Ulama (NU). Organisasi ini awalnya bernama Gerakan Pemuda Ansor sebagai kelanjutan dari Ansoru Nahdlatul Oelama (ANO) yang berganti nama menjadi Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama pada AD/ART NU. GP Ansor berdiri di Banyuwangi, Jawa Timur pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan tanggal 24 April 1934. Sejak era pandemi setiap sektor pendidikan mengalami perubahan yang sangat berbeda, dunia pendidikan kini sudah menganggap teknologi merupakan investasi yang wajib dimiliki untuk menunjang pembelajaran. Namun ketika dunia pendidikan sudah menerapkan teknologi tetapi masih banyak kuranganya pengetahuan teknologi yang tepat atau baik. Pada kegiatan ini metode pelaksanaan yang dilakukan secara offline dengan berbagai metode sebagai berikut. Pertama, metode ceramah dan tanya jawab. Dengan cara memberikan materi tentang pemanfaatan teknologi dibidang pendidikan, Kedua, praktek. Dalam kegiatan kali ini akan dilaksanakan ptraktek penggunaan pemanfatan teknologi dengan menggunakan media internet dan aplikasi. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu memberikan pelatihan pemanfaatan internet sehat pada era endemi
Referensi
J. F. (2004). Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, “Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM,” Assoc. Comput. Mach. New York, NY, United States, vol. 37, no. 5, p. 93, 2004, doi: https://doi.org/10.1145/986213.986216 22.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
“Meningkatkan Literasi Digital Guru dan Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Halaman 1 - Kompasiana.com.” https://www.kompasiana.com/andiyuliyanto1024/62c188402b6a46239b191092/meningkatkan-literasi-digital-guru-dan-siswa-pasca-pandemi-covid-19 (accessed Sep. 02, 2022).
M. Ariani and N. Ashari, “Arah, Kendala dan Pentingnya Diversifikasi Konsumsi Pangan di Indonesia,” Forum Penelit. Agro Ekon., vol. 21, no. 2, p. 99, 2016, doi: 10.21082/fae.v21n2.2003.99-112.
Sejarah GP Ansor https://ansor.id/profil/ (diakses pada 24 Januari 2023)
Walidain, A. B. (2021). GP ANSOR Dalam Pengembangan Karakter Kebangsaan. GUEPEDIA.
Visi dan misi GP Ansor https://ansor.id/profil/ (diakses pada 24 Januari 2023)