Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Family Link Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak
Kata Kunci:
Pelatihan, Pengabdian masyarakat, Family LinkAbstrak
Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah organisasi kepemudaan kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Gerakan Pemuda Ansor atau disingkat GP Ansor adalah badan otonom di bawah Nahdatul Ulama (NU). Organisasi ini awalnya bernama Gerakan Pemuda Ansor sebagai kelanjutan dari Ansoru Nahdlatul Oelama (ANO) yang berganti nama menjadi Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama pada AD/ART NU. GP Ansor berdiri di Banyuwangi, Jawa Timur pada 10 Muharram 1353 Hijriyah atau bertepatan tanggal 24 April 1934. Pada masa pandemi Covid 19 semua kegiatan mayoritas dilaksanakan secara daring, yang mengakibatkan semua kalangan dengan berbagai kegiatan termasuk anak-anak usia sekolah, bahkan usia dini (TK/PAUD) menjadi pengguna aktif gadget khususnya Smartphone. Saat ini hal ini sangat disoroti dan cukup meresahkan dikarenakan pasca pandemic ketergantungan smarphone pada anak malah semakin meningkat. terkadang orangtua kewalahan untuk membatasi dan mengawasi penggunaan gadget terutama pada anak usia sekolah, berkurangnya aktifitas sosial anak, seperti bermain bersama, berkumpul dan bersosialisasi di lingkungan, serta beberapa kali beredar isu penculikan anak sekolah khususnya anak-anak SD. Hal tersebut merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh warga yang tinggal pada wilayah GP Ansor Ciledug
Referensi
Ariani, M., & Ashari, N. (2016). Arah, Kendala dan Pentingnya Diversifikasi Konsumsi Pangan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 21(2), 99. https://doi.org/10.21082/fae.v21n2.2003.99-112
Marcoulides, G. a. (2005). Discovering Knowledge in Data: an Introduction to Data Mining:Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. In Journal of the American Statistical Association (Vol. 100, Issue 472). https://doi.org/10.1198/jasa.2005.s61
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Yuliyanto, A. (2023). Meningkatkan Literasi Digital Guru dan Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Halaman 1 - Kompasiana.com.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. Association for Computing Machinery New York, NY, United States, 37(5), 93. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/986213.986216 22