Pelatihan Aplikasi Capcut Dalam Menghasilkan Konten Video Kreatif Untuk Staff Kecamatan Karawang Barat
Kata Kunci:
capcut, editing video, video kreatifAbstrak
Aplikasi Capcut banyak digunakan oleh para pemula karena memiliki kemudahan dalam penggunaannya dan dapat menghasilkan konten multimedia kreatif dan menarik Pelatihan Video Editing capcut dalam pengabdian masyarakat pada Staff Kecamatan Karawang Barat dapat meningkatkan Keterampilan pada Staff Kecamatan Karawang Barat karena salama ini Staff Kecamatan Karawang Barat dalam pembuat, pengambilan video dan editing video masih belum maksimal sehingga hasilnya masih biasa. Tujuan pengabdian masyarakat ini agar staff kecamatan karawang barat bisa lebih memaksimalkan potensi yang dimiliki dan lebih kreatif dalam pembuatan video, baik untuk dokumentasi kegiatan/event di kecamatan ataupun konten pribadi mereka. Metode pelaksaaan pada kegiatan ini dilakukan dengan penyampaian materi secara teori, demonstsasi dan praktek langsung. Kegiatan pelatihan yang termasuk praktik menghasilkan pelatihan yang optimal dan didapatkan hasil yang maksimal hal ini terbukti dari pengolahan beberapa hasil kuesioner yang sudah diisi oleh peserta dan diolah oleh tim pengabdian masyarakat, dengan hasil yang menunjukan bahwa peserta pelatihan sangat puas dengan pelatihan yang diberikan dan bisa membuat editing video dengan aplikasi capcut lebih menarik.
Referensi
Indah Nursita, D. (2023). Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto. Journal on Education, 05(04), 17843–17848. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/5000/3936/
Mesra, R., Anton, E. E., & Sari, D. K. (2024). Pelatihan CapCut video editing untuk meningkatkan skill dan daya saing mahasiswa pendidikan di dunia kerja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5381–5391.
Rahayu, I. D. (2022). Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(2), 44–50. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i2.2585
Saragih, M., Daeng Badjie, S., Widyaloka Medan, A., & William Carey, S.-M. (2023). Implementasi Aplikasi CapCut Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Terhadap Guru-Guru SD Bharlin School. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 2(1), 1–10. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/pundimaswid/article/view/176
Setyadi, H. A., Sardiarinto, Nugraha, W., & Perbawa, D. S. (2024). Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video Kreatif Bagi Para Santri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara(JPkMN), 5(2), 1841–1848. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3171%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/3171/2202
Syahmewah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Template Pada Aplikasi Capcut Yang Memudahkan Mahasiswa Untuk Mengedit Vidio Sebagai Media Pembelajaran. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 7(1), 27–32. https://doi.org/10.30743/pascal.v7i1.7343