Pelatihan Editing Video Dalam Peningkatan Keterampilan Remaja Masjid Alhusain Telaga Murni Cikarang
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.126Kata Kunci:
Capcut, Editing Video, Video KreatifAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen. Dalam era digital, keterampilan video editing menjadi sangat relevan untuk berbagai keperluan, termasuk kegiatan sosial dan keagamaan. Aplikasi CapCut, dengan fitur yang kompleks dan manfaat yang luas, telah menjadi alat populer di berbagai bidang, termasuk dalam mendukung aktivitas masjid. Namun, keterampilan editing video di kalangan Remaja Masjid Al Husain, Telaga Murni, Cikarang, masih tergolong kurang optimal, sehingga kualitas video yang dihasilkan belum maksimal.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat menyelenggarakan pelatihan video editing menggunakan aplikasi CapCut bagi Remaja Masjid Al Husain. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan kreatif mereka dalam pembuatan dan pengeditan video, baik untuk mendukung kegiatan masjid maupun keperluan pribadi. Pelatihan dilakukan melalui metode penyampaian teori, demonstrasi, dan praktik langsung, sehingga peserta dapat mempelajari konsep sekaligus menerapkannya secara langsung.Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi peserta. Analisis kuesioner yang diisi oleh peserta menunjukkan peningkatan pemahaman mereka terhadap teknik editing video, serta kemampuan untuk menghasilkan konten yang lebih kreatif dan berkualitas. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya berhasil meningkatkan keterampilan teknis peserta tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan potensi Remaja Masjid Al Husain dalam bidang kreatif digital.
Referensi
Aldiyanto, H. . H. D. . S. A. . dan D. R. (2023). Dasar Editing Capcut Untuk Media Sosial Bagi Siswa Menengah Pertama (Smpit Aulady). Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1(1), 20–25.
Fachri Arsjad, M. (2018). Peranan Aparat Desa dalam Pelaksanaan Administrasi. Public Administration Studies, 1(1), 17–32.
Hastuti, H., Ganefri, G., Yulastri, A., Ambiyar, A., Yanto, D. T. P., & Andrian, A. (2023). Profil Entrepreneur di Era Digital dalam Menghadapi Era Society 5.0. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 9(1), 139. https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.121838
Mesra, R., Anton, E. E., & Sari, D. K. (2024). Pelatihan CapCut video editing untuk meningkatkan skill dan daya saing mahasiswa pendidikan di dunia kerja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5381–5391.
Saragih, M., Daeng Badjie, S., Widyaloka Medan, A., & William Carey, S.-M. (2023). Implementasi Aplikasi CapCut Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Terhadap Guru-Guru SD Bharlin School. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 2(1), 1–10. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/pundimaswid/article/view/176
Setyadi, H. A., Sardiarinto, Nugraha, W., & Perbawa, D. S. (2024). Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video Kreatif Bagi Para Santri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara(JPkMN), 5(2), 1841–1848. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3171%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/3171/2202
Trivol Yasman, & Dwi Mutia Sari. (2024). Penggunaan Aplikasi Capcut Bagi Kalangan Anggota Aktif UKKPK Universitas Negeri Padang. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 3(1), 248–260. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v3i1.2668