Optimalisasi Teknologi Kecerdasan Buatan Sebagai Media Pembelajaran Robotik Bagi Anak-Anak Di Tpa Ibnu Salam
Kata Kunci:
robotik, kecerdasan buatan, anak-anak, pembelajaran digital, pengabdian masyarakatAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi pada anak-anak
usia sekolah dasar di TPA Ibnu Salam melalui pendekatan edukatif berbasis kecerdasan buatan (Artificial
Intelligence/AI). Di tengah pesatnya perkembangan era digital, penguatan keterampilan berpikir logis, kreatif, dan
adaptif sejak usia dini menjadi kebutuhan penting dalam mencetak generasi yang melek teknologi. Kegiatan
dilaksanakan dalam bentuk workshop sehari yang mengintegrasikan praktik perakitan robot sederhana dengan
pemrograman visual menggunakan Scratch. Teknologi AI dimanfaatkan sebagai media pendukung untuk memberikan
bimbingan otomatis dan umpan balik adaptif kepada peserta selama sesi praktik. Metode pelaksanaan menggabungkan
pendekatan partisipatif, demonstratif, dan evaluatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta
terhadap konsep dasar teknologi dan pemrograman, disertai dengan tingginya tingkat antusiasme dan keterlibatan aktif
anak-anak selama pelatihan. Selain itu, pendamping dan tutor juga memperoleh wawasan baru dalam merancang
metode pembelajaran interaktif berbasis AI. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan literasi
digital anak usia dini dan berpotensi untuk direplikasi di berbagai lembaga pendidikan nonformal. Luaran kegiatan
telah didokumentasikan dan dipublikasikan melalui media Nusamandiri News sebagai bentuk diseminasi hasil
pengabdian.
Referensi
A. D. Nurchasanah, Sugiyat, and Sukari, “Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas
Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an,” Al’Ulum J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, p. 43, 2021, doi:
54090/aujpai.v1i1.11.
N. Oktiviana, N. Hidayah, M. H. Harianto, and R. Dzikrillah W., “Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Sarana
Pembentukan Karakter Religius Pada Anak di Kelurahan Sedayu,” NYIUR-Dimas J. Ilm. Pengabdi. Kpd.
Masy., vol. 3, no. 2, pp. 62–73, 2023, doi: 10.30984/nyiur.v3i2.533.
I. Darmawan, W. Puspitasari, R. W. Witjaksono, R. Gunawan, and A. Rahmatulloh, “Edukasi robotika untuk
mingkatkan kemampuan motorik halus di SD Baiturrahman,” TEKMULOGI J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1,
pp. 13–22, 2023, doi: 10.17509/tmg.v3i1.56367.
Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan
Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. Prawara Jurnal
Abdimas, 1(1), 8-15.
Suhardi, S., Apriliah, W., Tabrani, M., & Fitriani, E. (2024). Pemanfaatan artificial intelligence menggunakan
Canva dalam meningkatkan kreatifitas digital era modern pada siswa didik Yayasan Sekar Mandiri
Ta’awun. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(4), 126-131.