Pemanfaatan Aplikasi Word Wall untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.120Kata Kunci:
Edukatif, Teknologi Pembelajaran, Belajar BersamaAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran anak-anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) melalui pemanfaatan aplikasi Wordwall. Wordwall merupakan aplikasi interaktif yang dapat digunakan untuk membuat berbagai permainan edukatif yang mendukung proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dalam era digital saat ini, anak-anak lebih tertarik belajar melalui media interaktif yang merangsang minat dan motivasi mereka. Oleh karena itu, melibatkan orang tua dalam pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas interaksi dan efektivitas pembelajaran di rumah. Mitra kegiatan ini adalah orang tua murid TPA, yang telah mengikuti kegiatan PM dan didampingi oleh para sisten tutor mengenai cara menggunakan aplikasi Wordwall dalam membantu anak-anak mereka belajar banyak materi. Kegiatan ini dilakukan melalui serangkaian workshop, tutorial praktis, serta sesi diskusi dan evaluasi yang diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan orang tua dalam menggunakan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran dengan rata-rata nilai kepuasan peserta antara 4,00 hingga 4,53 yang tergolong kategori puas hingga sangat puas, serta peningkatan minat belajar anak-anak melalui pendekatan yang lebih menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak melalui aktivitas belajar bersama yang kreatif dan interaktif.
Referensi
Ali Mustofa, Maghfiro, A., Amaliya, I., & Na’imata, S. M. (2023). Manajemen Pembinaan Pendidikan Keagamaan Non Formal (Prosedur Pengajuan Izin Operasional TPQ) di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 183–192. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.183-192
Hatta Abdul Malik. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404.
Hidayat, A. R., Hamdi, A. I., Damayati, I. A., Diva, N. A., & Nur Arifah, M. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Sebagai Pengembangan Kegiatan Tpa Di Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab : Jurnal
Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 684–692. https://doi.org/10.20885/tullab.vol3.iss1.art11
Maknuni, J. (2020). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Educational Administration and Leadership Journal , 2(2), 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL
Nurlela, S., & Huda, M. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Interaktif sebagai Pembelajaran Al-Qur ’ an untuk Siswa Sekolah Dasar Sarana Pendukung pendidikan Al-Qur ’ an harus menjadi pondasi utama dalam membangun kepribadian tantangan tersebut . Teori ini mendukung gagasan bahwa tekno. 3.
Rahayu, D. R., Yulianti, Y., Fadillah, A. E., Lestari, E., Faradila, F., & Fitriana, D. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 887–892. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189
Rahmat, A., Mirnawati, M., Halidu, S., & Dehi, P. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 217. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.217-224.2018
Rifkah Dewi, Sigit Wibowo, & Herawati. (2023). Moderation Based Al-Qur’an Education Park Curriculum at TPA Lampung Al-Qur’an Center. Al-Afkar: Journal For Islamic Studies, 6(4), 115–134. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i4.778.Moderation
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Suyitno. (2018). Peran Taman Pendidikan Alquran (TPA) Dalam pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Dan Artikel Pendidikan, 9–16.