Pelatihan Membuat Bahan Ajar Interaktif Dan Menarik Menggunakan Canva

Penulis

  • Juniarti Eka Safitri Universitas Nusa Mandiri
  • Juarni Siregar Universitas Nusa Mandiri
  • Ani Yoraeni Universitas Nusa Mandiri
  • Findi Ayu Sariasih Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.128

Kata Kunci:

Canva, bahan ajar interaktif, desain, keterampilan guru

Abstrak

Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan desain guru dalam membuat bahan ajar interaktif dan menarik menggunakan Canva pada Raudhatul Athfal (RA) Al Muttaqin. Bahan ajar yang interaktif dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan, khususnya bagi siswa usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi hasil karya guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan peserta dalam menggunakan Canva, termasuk pemahaman terhadap fitur-fiturnya, penerapan elemen desain yang relevan, dan kemampuan menciptakan bahan ajar berbasis digital yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebelum pelatihan, hanya 20% guru yang mampu membuat desain sederhana; namun, setelah pelatihan, angka ini meningkat menjadi 90%, dengan kualitas desain yang lebih menarik dan profesional.Selain itu, peserta melaporkan peningkatan kreativitas dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Implikasi dari kegiatan ini mencakup penggunaan bahan ajar digital yang lebih variatif di kelas, sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini membuktikan bahwa pelatihan berbasis aplikasi desain modern seperti Canva dapat menjadi solusi inovatif untuk pengembangan kompetensi guru dalam era digital.

Referensi

Ainiyah, N. (2018). Remaja millenial dan media sosial: media sosial sebagai media informasi pendidikan bagi remaja millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Apriliah, W., Tabrani, M., & Ermawati, E. (2023). Pemanfaatan Paltform Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Tehnologi Komputer Untuk Staff UPTD Puskesmas Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(1), 18–24.

Azis, M. S., & Safitri, J. E. (2024). Pelatihan Pembuatan Logo Kreatif untuk Produk UMKM Menggunakan Canva. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 12–17.

Canva. (2023). Canva Unnual 2023. Canva User Unnual Report 2023.

Kurnianingsih, I., Rosini, dan Ismayati, N. (2017). (literacy)Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76.

Rahmasari, Erisa Adyanti, dkk. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva: Studi Kasus Penggunaan Mahasiswa Desain. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1).

Safitri, J. E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Mobile dalam Membuat Presentasi Menarik di Kelurahan Karangpawitan. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(1 PEBRUARI), 25–29.

Suhardi, S. (2024). Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 1–6.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Eka Safitri, J. ., Siregar, J. ., Yoraeni, A., & Sariasih, F. A. (2024). Pelatihan Membuat Bahan Ajar Interaktif Dan Menarik Menggunakan Canva. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(4), 158–163. https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.128

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama