Tips dan Trik Pemasaran Digital Bagi BUMDes Banaran Kulon Progo Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.124Kata Kunci:
pemasaran digital, industri 5.0, BUMDesAbstrak
Hadirnya revolusi digital ditandai dengan terus berkembangnya media sosial, teknologi smartphone, serta kemudahan dalam akses internet telah merubah cara kerja bisnis dan konsumen secara dramatis. BUMDes berorientasi pada pemanfaatan ekonomi yang dapat memberikan manfaat sosial dan non-ekonomi untuk pembangunan desa. Manfaat ekonomi antara lain dapat meningkatkan pendapatan desa dengan semakin meluasnya lapangan kerja, dan aktivitas ekonomi pedesaan. Terdapat sentra kuliner lele asap yang sudah banyak dikenal dan digemari para wisatawan yang datang ke desa Banaran yang terletak dekat dengan pantai. Di desa Banaran juga banyak tumbuh industri kecil menengah yang mengolah berbagai jenis kuliner berbahan ikan, baik ikan yang dibudidayakan oleh masyarakat maupun ikan hasil tangkapan laut para nelayan. Konsumen saat ini berperan di garis terdepan dalam penyampaian secara digital yang tidak hanya mengkonsumsi data dan informasi namun juga menjadikan konten dalam pemasaran sebagai alat bantu yang penting. Diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan wawasan juga tips trik tentang pemasaran digital di era industri 5.0. dalam kegiatan ini juga mengajak peserta untuk memasarkan bisnisnya menggunakan fitur google maps. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman dalam pemararan digital dan sudah dipublikasikannya bisnis di google maps.
Referensi
Aguspriyani, Y., Polindi, M., Diesy Fitriani, P., Taufik Darmansyah, T., & Mehta Setiadi, R. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 35–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v8i1.14937
Alojaiman, B. (2023). Technological Modernizations in the Industry 5.0 Era: A Descriptive Analysis and Future Research Directions. Processes, 11(5). https://doi.org/10.3390/pr11051318
Aman, Y. Z., Setyawati, D., Widiawati, D., & Tama, S. Y. (2024). Digital Marketing Strategy In Increasing Brand Awareness In The Industrial Era 4.0. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 9334–9339. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10504
Asmawanti, D., Fitranita, V., & Febriani, R. E. (2022). The exploratory study on performance of Village-Owned Enterprises (BUMDes) in Small Regency Bengkulu. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 26(2), 157–168. https://doi.org/10.20885/jaai.vol26.iss2.art5
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573
Bakator, M., Ćoćkalo, D., Makitan, V., Stanisavljev, S., & Nikolić, M. (2024). The three pillars of tomorrow: How Marketing 5.0 builds on Industry 5.0 and impacts Society 5.0? Heliyon, 10(17). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e36543
Burhanuddin, S. F., & Pharmacista, G. (2023). Transformation of Companies and Trade in the Era of Society 5.0. International Journal of Science and Society, 5(5), 1067–1077. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i5.973
Choubey, V., & Gautam, A. (2024). Evaluating omni channel retailing in the emergence of industry 5.0: A perspective of South Asian generation Z. International Journal of Information Management Data Insights, 4(2), 100257. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2024.100257
Dutt, A., Kasilingam, D., Angell, R., & Singh, J. (2024). The future of marketing and communications in a digital era: data, analytics and narratives. Journal of Strategic Marketing, 00(00), 1–9. https://doi.org/10.1080/0965254X.2024.2386002
Dutt, V. (2023). Marketing 5.0: The Era of Technology and the Challenges Faced By It. International Journal of Advances in Engineering and Management (IJAEM), 5(4), 1397. https://doi.org/10.35629/5252-050413971411
Ghobakhloo, M., Iranmanesh, M., Tseng, M. L., Grybauskas, A., Stefanini, A., & Amran, A. (2023). Behind the definition of Industry 5.0: a systematic review of technologies, principles, components, and values. Journal of Industrial and Production Engineering, 40(6), 432–447. https://doi.org/10.1080/21681015.2023.2216701
Huruta, A. D., Kundhani, E. Y., & Manurung, C. R. (2020). The development of village-owned enterprises: Lessons learned from Ponggok Village. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 33(1), 77. https://doi.org/10.20473/mkp.v33i12020.77-86
Lokita, R. D., Dewi, P., & Cangara, H. (2023). The Influence of Digital Marketing Challenges Through Instagram Media on the 5.0 Era. INTERNATIONAL CONFERENCE STIAMI, 10(2), 91–100.
Manullang, J. G. (2024). Peran Generasi Muda di Era Digitalisasi 5.0. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 164–168. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.16191
Poluan, J., Karuntu, M. M., & Samadi, R. L. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Tradisional (Studi Pada Konsumen Gen Z Di Kota Tomohon). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 11(1), 119–127. https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54288
Rahmat, R., Adly, A., Siagian, F. F., Alverina, L., & Harahap, T. P. (2024). Pelaksanaan dan Pengelolaan BUMDES di Desa Sentang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 810–821. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.11118184
Saputra, O. A., Faiz, M., Ramdhan, A., & Nugroho, A. (2024). Digital Innovation Of People ’ s Market In The Era Of Society 5 . 0 Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten , Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(2), 443–456. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jiap.v14i2.66140
Sari, A. G. P. (2021). The Analysis of Village-Owned Enterprises (BUMDes) Management Using Interpretive Structural Modeling. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 13(1), 16–35. https://doi.org/10.33701/jtp.v13i1.1555
Satata, D. B. M., & Nopriyanto, R. (2023). Digitalisasi Sebagai Media Pembelajaran Sosial Psikologi Era Society 5.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 86–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v25i3.5020
Somiartha, P., Utama, I. M. S., Sudibia, I. K., & Dewi, M. H. U. (2024). Determinants of Performance of Village-Owned Enterprises in Improving Village Development Performance. International Journal of Professional Business Review, 9(1), e04181. https://doi.org/10.26668/businessreview/2024.v9i1.4181
Terziu, H. (2020). The Role of the Internet in the Development of Marketing and Electronic Services in Business. European Journal of Economics and Business Studies, 6(2), 1. https://doi.org/10.26417/451fzx75d
Trinanda Ultari, & Khoirunurrofik, K. (2024). The Role of Village-Owned Enterprises (BUMDes) in Village Development: Empirical Evidence from Villages in Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 8(2), 256–280. https://doi.org/10.36574/jpp.v8i2.559