Pelatihan Desain Grafis Berbasis Artificial Intelligence: Mendorong Kreativitas Remaja Masjid Alhusain Menuju Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.63297/abdimas.v3i4.127Abstrak
Pengabdian masyarakat merupakan tanggung jawab yang melekat pada dosen, yang merupakan suatu proses pemberdayaan diri dan memiliki potensi untuk mendukung kepentingan masyarakat di area yang sedang berkembang. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat tanpa mengharapkan imbalan secara finansial. Kegiatan ini biasanya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan solusi atas masalah-masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan membentuk masyarakat yang sesuai dengan perkembangan zaman dan berpikiran realistis, akan tercipta gaya kepemimpinan yang handal dan berkontribusi pada kemajuan peradaban. Ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat, mulai dari penyuluhan, pelatihan, pemberian bantuan teknis, pengembangan produk atau teknologi, hingga penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan. Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan adalah dalam bentuk pelatihan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan diberikan oleh Dosen dan dibantu oleh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Dosen-dosen UBSI, yang memiliki keahlian dan profesionalisme dalam bidang teknologi, dapat menjadi pionir dalam pengabdian masyarakat yang bermanfaat, terutama dalam menyelaraskan kemajuan teknologi berbasis AI dengan pendidikan di Indonesia. Ini sangat relevan bagi remaja masjid Alhusain yang membutuhkan pengetahuan terkini untuk mendukung berbagai aspek, khususnya dalam bidang desain grafis untuk mengasah kreativitasnya. Pemanfaatan teknologi AI dapat membantu dalam pembuatan desain secara lebih efisien dan cepat.
Referensi
Ardalepa, N., Hairina, Y., & Komalasari, S. (2022). Persepsi terhadap Beban Kerja pada Dosen dengan Tugas
Tambahan Perception of Workload on Lecturers with Additional Tasks. Jurnal Al Husna 63-74, 3(1), 63–
https://doi.org/10.18592/jah.v3i1.4932
Hakim, L. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan
Perilaku Konsumen. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 74–91.
Ichsan, N., Sulaiman, H., Yuliani, Y., & Fazriansyah, A. (2022). Pelatihan Email Blast untuk Penyebaran
Informasi Kegiatan Pada P2KPTK2 Jakarta Barat. PRAWARA Jurnal Abdimas, 1(4 NOVEMBER), 99–
Nababan, A. A., Jannah, M., & Sianturi, F. A. (2022). Pelatihan Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian
Kepada Masyarakat (SIM-PPM) STMIK Pelita Nusantara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 241–251. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.325
Suhardi, S. (2024). Membangun Karakter Anak Dengan Public Speaking untuk Generasi Muda Berdaya Saing.
PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 3(1 JANUARI), 1–6.
Syuhada, F. A., Pulungan, A. N., Sutiani, A., Nasution, H. I., Sihombing, J. L., & Herlinawati, H. (2021).
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam Pengolahan Air Bersih di Desa Sukajadi. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.23
Tabrani, M., Suhardi, S., & Nurrahman, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Informasi
Berbasis Digital. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 2(4 NOVEMBER), 129–135