Pemanfaatan Content Management System (CMS) Berbasis PHP Sebagai Media Digital Upaya Branding Pengenalan Diri (Personal) Pada Komunitas Bogor Mengabdi
Abstrak
Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu point penting dari Tridharma Perguruan Tinggi. Pada hakikatnya dosen merupakan fasilitator yang berperan aktif dalam kegiatan yang bermanfaat kepada masyarakat. Dengan kemmpuan yang dimiliki oleh Dosen, diharapkan mampu merangkul segala lini dalam penyebaran dan transfer ilmu pengetahuan dan pelatihan. Saat ini mitra hanya memiliki beberapa komputer dan hanya sebagian kecil staff yang mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Sebagai wadah pengabdian berbentuk komunitas bagi pemuda-pemudi Bogor yang berada di Kota maupun Kabupaten, anggota Bogor mengabdi perlu melakukan personal branding kepada masyarakat. Masyarakat akan dapat mengenal lebih dekat peranan dan kontribusi Bogor Mengabdi dengan membuka blog yang terdapat personal branding serta kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh anggota Bogor Mengabdi. Oleh karena itu, salah satu cara untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi adalah dengan melakukan pengabdian masyarakat dengan mitra sasaran yaitu anggota komunitas Bogor Mengabdi dengan cara memberikan pelatihan pemanfaatan Content Management System (CMS) berbasis php sebagai media digital upaya branding pengenalan diri (personal) pada komunitas bogor mengabdi. Pelatihan ini penting dilakukan agar komunitas Bogor Mengabdi memiliki kemampuan untuk merancang Content Management System (CMS) yang bertujuan agar dapat mengenalkan komunitas secara lebih luas ke masyarakat.
Referensi
Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626
Di, C. M. S., Lingkungan, M., & Depok, R. W. (2021). PEMANFAATAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM. 1(2), 63–67.
Hodi. (2016). Mengelola perguruan tinggi yang berkualitas dengan memaksimalkan tridharma perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Dirgantara, 1–12.
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Journal, C. D., Sitinjak, I. Y., Sitinjak, H., Nainggolan, R., Gultom, S., Hermes, D., Sitinjak, W., & Malau, P. (2021). Aspek Urgensi Pendidikan Tinggi Bagi Masyarakat. 2(3), 1156–1160.
Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.
Pertiwi, F., & Irwansyah, I. (2020). Personal Branding Ria Ricis Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(1), 15–30. https://doi.org/10.20422/jpk.v23i1.631
Santosa, B. (2009). Pemanfaatan Content Management System ( Cms ) Sig Untuk Penyajian Data Hasil Pemilu. Semnasif UPN Veteran Yogyakarta, 2009(semnasIF), 121–130.
Sefrika. (2018). Analisa Penerimaan Teknologi E-Learning Pada AMIK BSI Jakarta. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1), 1–5. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/download/271/169
Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1), 8-15.
Yunitasari, C., & Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–8.