Pengenalan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kepada Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Rumah Harapan

Penulis

  • Robi Sopandi Universitas Nusa Mandiri
  • Mareanus Lase Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Qomaruddin Universitas Bina Sarana Informatika

Kata Kunci:

Yayasan Rumah Harapan, marketing digital, media sosial

Abstrak

Pandemi covid-19 hampir semua wilayah khususnya di Indonesia tidak ada yang bebas dari virus corona. Salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi dan memutuskan rantai penyebaran virus covid-19 adalah membuat kebijakan sejak awal tahun 2021. Diawali dengan pembatasan sosial berskala besar yang berlangsung disejumlah wilayah di Indonesia. Setelah melihat hasil dari kebijkan tersebut maka pemerintah terus berupaya dengan memberlakukan pembatas kegiatan masyaraka atau istilah PPKM diseluruh wilayah dengan membagi beberapa level satu sampai lavel empat, tergantung dari tingkat kasus yang terinveksi virus covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak hanpir kesegala sektor kehidupan, baik dunia bisnis maupun dunia ekonomi. Dalam waktu yang singkat pola aktifitas masyarakat mulai berubah, seperti pemasaran produk barang dan jasa hampir semua dilakukan dengan berbasis digital seperti pemanfaatan website dan media sosial. Dengan perubahan tersebut masyarakat dituntut harus bisa mengikut perkembangan dunia digital. Pemasaran barang dan jasa secara digital merupakan solusi ditengah pandemi covid-19, dapat menjangkau lebih luas selagi terkoneksi dengan jaringan internet. Perkembangan internet di indonesia sudah cukup merata dan terus berkembang, akan tetapi tidak semua masyarakat indonesia memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan teknologi, khusunya di daerah yang jauh dari pusat kota. Hal itulah yang menjadi permasahan dalam pemasaran berbasis digital. Pengabdian masyarakat ini betujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para anak didik dan staf  Yayasan Rumah Harapan. Berupa pengenalan marketing digital dan pemanfaat website media sosial seperti facebook, whatsapp, google bisnis dan lainya.

Referensi

K. S. Mahedy, “Pemanfaatan Internet Sebagai E-Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Bagi Pengrajin Kamen,” 2017.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.

Maulida, N., Tabrani, M., Suhardi, S., & Sopandi, R. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi SILaundry Berbasis Website . Jurnal Keilmuan Teknologi Informasi Dan Ilmu Manajemen (Justifi), 1(1), 1–9. Diambil dari https://jurnalilmiah.id/index.php/Justifi/article/view/4

R. R. Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,” vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019.

Suhardi, S. (2019). PENGARUH GAYA HIDUP, DEMOGRAFI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Jurnal Perspektif, 17(1), 96-103.

Suhardi, S., Widyastuti, T., Bisri, B., & Prabowo, W. (2019). Forecasting Analysis Of New Students Acceptance Using Time Series Forecasting Method. Jurnal Akrab Juara, 4(5), 10-23.

Taufik, A., & Sopandi, R. (2021). Klasifikasi Tweet Influencer Nu Dengan Gnpf-Ulama Menggunakan Naive Bayes Dan Support Vector Machine. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(2), 258 - 276. doi:10.36841/cermin_unars.v5i2.1246

Tabrani, M., Sopandi, R., Fajarudin, A., Suryo, J., Firmansyah, L., & Dzaky, M. (2020). Pemanfaatan Pembelajaran Online Di Tengah Pandemik Covid 19 Kepada Panti Sosial Asuhan Anak Yatim Piatu Nurul Iman Yayasan Yapinuri. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(1), 25-30. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1749

Unduhan

Diterbitkan

2022-02-16

Cara Mengutip

Sopandi, R., Lase , M. ., & Qomaruddin, M. . (2022). Pengenalan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia Kepada Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Rumah Harapan. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1), 23–29. Diambil dari http://www.jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/15

Terbitan

Bagian

Artikel Terkini

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama